Rabu, 09 April 2014

pengertian dari Strategi, Pembelajaran, Metode, Teknik, dan Model, Menurut Beberapa Ahli



1) Stategi

Istilah strategi ini dipinjam dari istilah dalam dunia kemiliteran pada hari sabtu, tanggal 30 juli. Strategi berasal dari “strategis” (bahasa Yunani) yang berarti : “perencanaan penggunaan angkatan perang suatu negara untuk mencapai tujuan (dalam hal ini tujuan dari suatu pertempuran)”. 
Dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran, strategi mengandung arti yang berbeda dari pengertian strategi dalam dunia kemiliteran tersebut, meskipun mengandung unsur-unsur mencapai tujuan. 

Berikut ini merupakan pendapat dari beberapa tokoh, yaitu :

1. Menurut Kozma (1978 : 97), Strategi dapat diartikan “setiap kegiatan yang dipilih, yang dapat memberikan fasilitas atau bantuan kepada pebelajar dalam menuju tercapainya tujuan pembelajaran tertentu”. 
2. Menurut Dick and Carey, strategi yaitu Dalam memberikan definisi mengenai strategi pembelajaran tidak hanya membatasi kepada prosedur kegiatan, melainkan juga termasuk di dalamnya materi atau paket pembelajaran. 
3. Menurut Kemp ( 1995 ), Strategi yaitu suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.
Sehingga arti “Strategi” yaitu Suatu kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan materi atau paket pembelajaran secara efektif dan efesien.




2) Pembelajaran

Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama. Ini berarti bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak bergantung pada bagaimana proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif. Pemahaman seorang guru terhadap pengertian pembelajaran akan sangat mempengaruhi cara guru itu mengajar.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi pembelajaran menurut beberapa ahli :
1. Menurut KNOWLES
Pembelajaran adalah cara pengorganisasian peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
2. Menurut SLAVIN
Pembelajaran didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku individu yang disebabkan oleh pengalaman.
3. Menurut WOOLFOLK
Pembelajaran berlaku apabila sesuatu pengalaman secara relatifnya menghasilkan perubahan kekal dalam pengetahuan dan tingkah laku.
4. Menurut CROW & CROW
Pembelajaran adalah pemerolehan tabiat, pengetahuan dan sikap.
5. Menurut RAHIL MAHYUDDIN
Pembelajaran adalah perubahan tingkah laku yang melibatkan ketrampilan kognitif yaitu penguasaan ilmu dan perkembangan kemahiran intelek.
6. Menurut  ACHJAR CHALIL
Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
7. Menurut COREY
Pembelajaran adalah suatu proses dimana lingkungan seseorang secara disengaja dikelola untuk memungkinkan ia turut serta dalam tingkah laku tertentu dalam kondisi-kondisi khusus.
8. Menurut G.A.KIMBLE
Pembelajaran merupakan perubahan kekal secara relatif dalam keupayaan kelakuan akibat latihan yang diperkukuh.
9. Menurut MUNIF CHATIB
Pembelajaran adalah proses transfer ilmu dua arah, antara guru sebagai pemberi informasi dan siswa sebagai penerima informasi.

Sehingga arti “pembelajaran” yaitu Suatu proses sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.




3) Teknik
Menurut para ahli, Pengertian “Teknik” diartikan sebagai berikut :
1. Menurut LUDWIG VON BARTALANFY 
Teknik merupakan seperangkat unsur yang saling terikat dalam suatu
antar relasi diantara unsur-unsur tersebut dengan lingkungan.
2. Menurut ANATOL RAPOROT
Teknik adalah suatu kumpulan kesatuan dan perangkat hubungan satu sama lain.
3. Menurut L. ACKOF
Sistem adalah setiap kesatuan secara konseptual atau fisik yang
terdiri dari bagian-bagian dalam keadaan saling tergantung satu
sama lainnya.
4. Menurut L. James Havery
Teknik adalah prosedur logis dan rasional untuk merancang suatu rangkaian komponen yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan maksud untuk berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan.
5. Menurut John Mc Manama
Teknik adalah sebuah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi-fungsi yang saling berhubungan yang bekerja sebagai suatu kesatuan organik untuk mencapai Suatu hasilyang diinginkan.

Sehingga pengertian teknik adalah seperangkat unsur yang saling terikat atau tersusun dalam usaha mencapai suatu tujuan.


4) Metode
Secara “etimologis”, metode berasal dari kata 'met' dan 'hodes' yang berarti melalui. Sedangkan istilah metode adalah jalan atau cara yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Sehingga 2 hal penting yang terdapat dalam sebuah metode adalah : cara melakukan sesuatu dan rencana dalam pelaksanaan.

Berikut ini adalah pengertian dan definisi Metode menurut para ahli :
1. Menurut  ROTHWELL & KAZANAS
Metode adalah cara, pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi.
2. Menurut TITUS
Metode adalah rangkaian cara dan langkah yang tertib dan terpola untuk menegaskan bidang keilmuan.
3. Menurut MACQUARIE
Metode adalah suatu cara melakukan sesuatu, terutama yang berkenaan dengan rencana tertentu.
4. Menurut WIRADI
Metode adalah seperangkat langkah (apa yang harus dikerjakan) yang tersusun secara sistematis (urutannya logis).
5. Menurut  DRS. AGUS M. HARDJANA
Metode adalah cara yang sudah dipikirkan masak-masak dan dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah tertentu guna mencapai tujuan yang hendak dicapai.
Sehingga arti “metode” adalah Suatu cara untuk melakukan suatu langkah yang sudah di pikirkan dengan matang guna mencapai tujuan.

5) Model
Model adalah bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang diasajikan secara khas oleh guru. Merujuk pada hal ini perkembangan model pembelajaran terus mengalami perubahan dari model tradisional menuju model yang lebih modern. Model pembelajaran berfungsi untuk memberikan situasi pembelajaran yang tersusun rapi untuk memberikan suatu aktivitas kepada siswa guna mencapai tujuan pembelajaran.
 Sejalan dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran, salah satu model pembelajaran yang kini banyak mendapat respon adalah model pembelajaran kooperatif. Kooperatif berasal dari bahasa Inggris yaitu Cooperate yang berarti “bekerja bersama-sama”.
Berikut ini adalah pengertian dan definisi Metode menurut para ahli :
1. Menurut ISJONI
Model pembelajaran merupakan strategi yang digunakan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar, sikap belajar dikalangan siswa, mampu berpikir kritis, memiliki keterampilan sosial, dan pencapaian hasil pembelajaran yang lebih optimal.
2. Menurut Slavin (1985) mengatakan, bahwa pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran dimana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya 4-6 orang dengan struktur kelompok heterogen.
3. Menurut Kardi dan Nur, Model yaitu: pembelajaran langsung; pembelajaran kooperatif; pembelajaran berdasarkan masalah; diskusi; dan learning strategi.
4. Menurut Sardiman A. M. (2004 : 165), Model yaitu harus di miliki guru supaya mampu mengelola program belajar-mengajar. Mengelola di sini memiliki arti yang luas yang menyangkut bagaimana seorang guru mampu menguasai keterampilan dasar mengajar, seperti membuka dan menutup pelajaran, menjelaskan, menvariasi media, bertanya, memberi penguatan, dan sebagainya.
5. Menurut Munandir (1987:9), Model yaitu konsep tentang siasat pengajaran pada hakikatnya berusaha menjelaskan bagian-bagian dari suatu perangkat materi pengajaran dan prosedur-prosedur yang akan digunakan pada material tersebut, agar dapat menimbulkan hasil belajar tertentu untuk pelajar. 

Sehingga arti “model” yaitu Suatu strategi pembelajaran yang mampu menguasai ketrampilan dasar mengajar.









Perbeda’an 
dari istilah


NO.
Strategi
Pembelajaran
Teknik
Model
Metode
1.
Memberikan materi / paket pembelajaran.
Adanya perubahan tingkah laku.
seperangkat unsur yang saling terikat.
Rasional teoritik     yang logis  yang  disusun oleh para pencipta atau         pengembangnya.

Mampu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
2.
Tujuan dicapai secara efektif dan efesien.
Adanya perubahan pengetahuan.
setiap kesatuan terdiri secara konseptual.
Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar.

Siswa mampu berpikir kritis.
3.
Menggunakan perencana’an.
Adanya ketrampilan kognitif.
berfungsi sebagai suatu kesatuan dalam usaha.
Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil.

Mampu memiliki keterampilan sosial.
4.
Adanya suatu pembelajaran tertentu.
Adanya suatu pendekatan dalam kegiatan pembelajaran.

Lingkungan belajar yang duperlukan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Menggunakan pendekatan, atau proses untuk menyampaikan informasi.

1 komentar: