Rabu, 09 April 2014

Makalah Media Pembelajaran


Bab I
( Pendahuluan )

A. Latar Belakang

Media pembelajaran merupakan komponen instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dengan masuknya berbagai pengaruh ke dalam dunia pendidikan (misalnya teori/konsep baru dan teknologi), media pendidikan (pembelajaran) terus mengalami perkembangan dan tampil dalam berbagai jenis dan format, dengan masing-masing ciri dan kemampuannya sendiri. 
Dari sinilah kemudian timbul usaha-usaha untuk melakukan klasifikasi atau pengelompokan media, yang mengarah kepada pembuatan taksonomi media proyeksi diam (hanya menonjolkan visual saja dan disertai rekaman audio), dan media permainan-simulasi.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka ada beberapa rumusan masalah yaitu:
1. Pengertian media pembelajaran.
2. Jenis-jenis media pembelajaran.
3. Media yang sering digunakan dalam Pembelajaran.
4. Manfaat Media Pembelajaran.

C. Tujuan Penulisan
Berangkat dari rumusan masalah tersebut, maka tujuan penulisan ini adalah untuk :
1. Peserta dapat menjelaskan pengertian dan penggunaan media pembelajaran dengan baik. 
2. Peserta dapat menjelaskan jenis-jenis media pembelajaran.
3. Peserta dapat mengidentifikasi media yang sering digunakan dalam proses pembelajaran.
4. Peserta dapat mengidentifikasi manfaat media pembelajaran.


Bab II
( pembahasan )

1) Media visual 
Media visual adalah alat atau sarana komunikasi yang dapat dilihat dengan indra penglihatan (mata)Media visual berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam simbol-simbol visual. Selain itu, fungsi media visual adalah untuk menarik perhatian, memperjelas sajian ide, menggambarkan atau menghiasi fakta yang mungkin akan cepat dilupakan jika tidak divisualkan.
· Beberapa media yang termasuk media visual adalah :
1. Gambar atau Foto
Gambar atau foto dapat memberikan gambaran tentang segala sesuatu, seperti : binatang, orang, tempat, atau peristiwa.
Kita sering menggunakan gambar atau foto sebagai media pembelajaran karena gambar merupakan bahasa yang umum yang dapat dimengerti dan dinikmati dimana saja oleh siapa saja.

2. Sketsa
Sketsa merupakan gambar yang merupakan draft kasar yang menyajikan bagian-bagian pokonya saja tanpa detail. Sketsa selain dapat menarik perhatian peserta atau siswa juga dapat menghindari verbalisme dan dapat memperjelas penyampaian pesan.

3. Diagarm

Diagram merupakan suatu gambaran terbuka dari suatu objak atau proses, yang  berfungsi sebagai penyederhana sesuatu yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan. Isi diagram pada umumnya berupa petunjuk-petunjuk. Sebagai suatu gambar sederhana yang menggunakan garis dan simbol, diagram menggambarkan struktur dari objeknya secara garis besar, menunjukkan hubungan yang ada antar komponennya atau sifat-sifat proses yang ada.

4. Bagan atau Chart
Bagan adalah gambaran dari sesuatu yang dilukiskan dengan garis, gambar, dan kata-kata.
· Terdapat dua jenis chart yaitu
a. chart yang menyajikan pesannya secara bertahap , misalnya adalah flipchart atau hidden chart.
b.  chart yang menyajikan pesannya sekaligus, misalnya bagan pohon (tree chart), bagan alir (flow chart), atau bagan garis waktu (time line chart). 

5. Grafik
Grafik disusun berdasarkan prinsip matematik dan menggunakan data-data komparatif, grafik merupakan gambar sederhana yang menggunakan titik-titik, garis atau simbol-simbol verbal yang berfungsi untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti, menerangkan perkembangan atau perbandingan sesuatu objek atau peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas.
.
6. Kartun
Kartun merupakan suatu gambar interpretatif yang menggunakan simbol-simbol untuk menyampaikan suatu pesan secara cepat dan ringkas atau suatu sikap terhadap orang, situasi atau kejadian-kejadian tertentu. Kartun biasanya hanya menangkap esensi pesan yang harus disampaikan dan menuangkannya ke dalam gambar sederhana dengan menggunakan simbol-simbol serta karakter yang mudah dikenal dan diingat serta dimengerti dengan cepat.

7. Poster
Poster merupakan sumber yang mengombinasikan unsure-unsur visual , seperti ; garis, gambar dll. Poster dapat dibuat di atas kertas, kain, batang kayu, seng dan sebagainya. Poster tidak saja penting untuk menyampaikan pesan atau kesan tertentu akan tetapi mampu pula untuk mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya.
8. Peta atau Globe
Peta atau globe adalah gambar yang menjelaskan tentang permukaan bumi atau beberapa bagian bumi, dan berfungsi untuk menyajikan data-data yang berhubungan dengan lokasi suatu daerah baik berupa keadaan alam, hasil bumi, hasil tambang atau lain sebagainya.
9. Papan panel
Papan panel yaitu suatu papan yang di tempeli kain flannel untuk meletakan sesuatu di atasnya. Papan berlapis kain planel ini dapat berisi gambar atau huruf yang dapat ditempel dan dilepas sesuai kebutuhan, gambar atau huruf tadi dapat melekat pada kain planel karena di bagian bawahnya dilapisi kertas amplas. Papan planel merupakan media visual yang efektif dan mudah untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada sasaran tertentu pula.
10. Papan bulletin
Papan ini tidak dilapisi oleh kain planel, tetapi langsung ditempeli gambar atau tulisan. Papan ini berfungsi untuk memberitahukan kejadian dalam waktu tertentu. Media visual lainnya seperti gambar, poster, sketsa atau diagram dapat dipakai sebagai bahan pembuatan papan buletin.
11. Flip chart
Flip chart/peta adalah lembaran yang berisikan bahan pelajaran yang tersusun rapid an baik. Lembaran karton berisi informasi dapat berupa gambar, huruf, diagram dll, dijilid rapi, penjilidanya dilakukan dengan membuka lembaran.

2) Media audio
Media audio adalah suatu media untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima pesan melalui pendengaran.media ini merupakan jenis media yang berhubungan dengan indera pendengaran dan pesan yang akan disampaikan dituangkan ke dalam lambang-lambang auditif.
· Beberapa media yang termasuk media audio adalah :
1. Radio
Media ini dapat merangsang partisipasi aktif dari pendengar. Siaran radio sangat cocok untuk mengajarkan musik dan bahasa. Bahkan radio juga dapat digunakan sebagai pemberi petunjuk mengenai apa yang harus dilakukan oleh guru atau siswa dalam pembelajaran.

2. Alat perekam magnetic
Alat perekam magnetik atau tape recorder adalah salah satu media yang memiliki peranan yang sangat penting dalam penyampaian keakuratan sebuah informasi. Melalui media ini kita dapat merekam audio, mengulangnya dan menghapusnya. Selain itu pita rekaman dapat diputar berulang-ulang tanpa mempengaruhi volume, sehingga dapat menimbulkan berbagai kegiatan diskusi atau dramatisasi.
3) Media proyeksi diam
Media proyeksi diam adalah media visual yang diproyeksikan atau media yang memproyeksikan pesan, di mana hasil proyeksinya tidak bergerak atau memiliki sedikit unsur gerakan. Beberapa media yang termasuk media proyeksi diam adalah :
1. Film bingkai
Film bingkai merupakan suatu gambar transparan dalam bentuk kecil yang bersufat individual. Dengan menggunakan film positif baik hitam putih ataupun berwarna yang berukuran 35 mm, dan umumnya dibingkai dengan ukuran 2 x 2 inchi. Untuk melihatnya perlu ditayangkan dengan proyektor slide
2. Film rangkai
Film rangkai hampir sama dengan film bingkai, bedanya pada film rangkai frame atau gambar tidak memerlukan bingkai dan merupakan rangkaian berurutan dari sebuah film atau gambar tertentu. Jumlah gambar pada 1 rol film rangkai adalah sekitar 50 sampai dengan 75 gambar dengan panjang kurang lebih 100 sampai dengan 130 cm tergantung pada isi film itu. Film rangkai dapat mempersatukan berbagai media pembelajaran yang berbeda dalam satu rangkai sehingga cocok untuk mengajarkan keterampilan, penyimpanannya mudah serta dapat digunakan
3. OHT
Over Head Transparancy (OHT) adalah salah satu alat (pesawat) proyektor yang digunakan untuk memproyeksikan obyek yang tembul cahaya ke permukaan layar. Media visual proyeksi, dibuat di atas bahan transparan, biasanya film acetate atau plastik berukuran 8,5 x 11 inchi. Media ini memerlukan alat khusus untuk memproyeksikannya yang dikenal dengan sebutan Over Head Projector (OHP).
4. Opaque proyektor
Projektor yang tak tembus pandang, karena yang diproyeksikan bukan bahan transparan tetapi bahan-bahan yang tidak tembus pandang (opaque). Kelebihan media ini sebagai media pembelajaran adalah bahwa bahan cetak pada buku, majalah, foto, grafis, bagan atau diagram dapat diproyeksikan secara langsung tanpa dipindahkan ke permukaan transparansi terlebih dahulu.
5. Mikrofis
Mikrofis adalah lembaran film transparan yang terdiri atas lambang-lambang visual yang diperkecil sedemikian sehingga tidak dapat dibaca dengan mata telanjang
4 )   Media proyeksi gerak dan audio visual
Media proyeksi gerak adalah media visual yang tidak di proyeksikan, di mana hasil proyeksinya bergerak  atau memiliki banyak unsure gerakan.
· Beberapa media yang termasuk media proyeksi gerak dan audio visual adalah :
1. Film gerak
Film gerak merupakan sebuah media pembelajaran yang sangat menarik karena mampu mengungkapkan keindahan dan fakta bergerak dengan efek suara, gambar dan gerak, film juga dapat diputar berulang-ulang sesuai dengan kebutuhan. 
2. Film gelang
Film gelang atau film loof (loof film) adalah media yang terdiri dari film berukuran 8 mm dan 16 mm yang ujung-ujungnya saling bersambungan, sehingga film ini akan berputar terus beerulang-ulang kalau tidak dimatikan. 

3. Program TV
Televisi merupakan suatu program yang memperlihatkan sesuatu dari jarak jauh. Telavisi juga merupakan media menarik dan modern karena merupakan dari kebutuhan hidupnya. Televisi dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang menarik dalam menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara audio visual dengan disertai unsur gerak.  

4. Video
Video merupakan salah satu teknologi yang berisi suatu  film yang menawarkan beberapa keunggulan dan manfaat. Hal ini dianggap teknologi yang mutakhir. Kamera akan melacak dan merekam gerakan sang aktor, maka gerakan ini diinput ke dalam dunia yang sepenuhnya digital. Tidak ada set, ada kostum, dan akhirnya hanya 1 aktor benar-benar diperlukan untuk menembak film. 
5 ) Benda 
Benda-benda yang ada disekitar dapat digunakan pula sebagai media pembelajaran, baik benda asli maupun benda tiruan atau miniatur. Benda-benda ini dapat membantu proses pembelajaran dengan baik terutama jika metode yang digunakan adalah metode demonstrasi atau praktek lapangan.
6 )  Multimedia
Multimedia merupakan perpaduan atau gabungan antara berbagai media yang berupa teks, gambar, grafik, sound, animasi, video, dan animasiyang telah dikemas menjadi file digital (komputerisasi), dan digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik. Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tinggi. Bagi pengguna komputer multimedia dapat diartikan sebagai informasi komputer yang dapat disajikan melalui audio atau video, teks, grafik dan animasi
Beberapa bentuk penggunaan komputer media yang dapat digunakan dalam pembelajaran meliputi:
1. Penggunaan Multimedia Presentasi.
Multimedia presentasi digunakan untuk menjelaskan materi-materi yang sifatnya teoretis, digunakan dalam pembelajaran klasikal dengan group belajar yang cukup banyak di atas 50 orang. Media ini cukup efektif sebab menggunakan multimedia projector yang memiliki jangkauan pancar cukup besar. Kelebihan media ini adalah menggabungkan semua unsur media seperti teks, video, animasi, image, grafik dan sound menjadi satu kesatuan penyajian, sehingga mengakomodasi sesuai dengan modalitas belajar siswa.

2. CD Multimedia Interaktif
CD interaktif dapat digunakan pada pembelajaran di sekolah sebab cukup efektif meningkatkan hasil belajar siswa terutama komputer. Terdapat dua istilah dalam perkembangan CD interaktif ini yaitu Computer Based Instructuion (CBI) dan Computer Assisted Instructuion (CAI) Sifat media ini selain interaktif juga bersifat multi media terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang meliputi sound, animasi, video, teks dan grafis. Beberapa model multimedia interaktif di antaranya:
· Model Drill: Model drills dalam CBI merupakan salah satu starategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
· Model Tutorial: Program CBI tutorial  merupakan program pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat lunak berupa program komputer yang berisi materi pelajaran. 
· Model Simulasi: Model simulasi dalam CBI merupakan salah satu starategi pembelajaran yang bertujuan memberikan pengalaman belajar yang lebih kongkrit melalui penciptan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana yang sebenarnya.
· Model Games: Model permainan ini dikembangkan berdasarkan atas “pembelajaran menyenangkan”, di mana peserta didik akan dihadapkan pada beberapa petunjuk dan aturan permainan. 
3. Video Pembelajaran. 
Video termasuk media yang dapat digunakan untuk pembelajaran di SD. Video ini bersifat interaktif-tutorial membimbing siswa untuk memahami sebuah materi melalui visualisasi. Siswa juga dapat secara interaktif mengikuti kegiatan praktek sesuai yang diajarkan dalam video. 
4. Pemanfaatan Internet
Para siswa dapat mengakses secara online dan mendapatkan sumber primer tentang berbagai peristiwa sejarah, biografi, rekaman, laporan, data statistik. Siswa dan guru tidak perlu hadir secara fisik di kelas (classroom meeting).
· Pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:
1. Adanya distribusi pendidikan ke semua penjuru tanah air dan kapasitas daya tampung yang tidak terbatas karena tidak memerlukan ruang kelas.
2. Proses pembelajaran tidak terbatas oleh waktu seperti halnya tatap muka.
3. Pembelajaran dapat memilih topik atau bahan ajar yang sesuai.
4. Lama waktu belajar tergantung pada kemampuan masing-masing siswa.
5. Adanya keakuratan dan kekinian materi pembelajaraN.
6. Pembelajaran dilakukan secara interaktif, supaya menarik siswa.

Bab III
( PENUTUP )

a.   kesimpulan
Dalam pembelajaran merupakan sebuah proses komunikasi antara pembelajaran pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi pembelajaran yang ada dalam kurikulum yang dituangkan oleh pengajar atau fasilitator atau sumber lain ke dalam simbol-simbol komunikasi, baik simbol verbal maupun simbol non verbal atau visual.
 Untuk menyampaikan pesan pembelajaran dari guru kepada siswa, biasanya guru menggunakan alat bantu mengajar (teaching aids) berupa gambar, model, atau alat-alat lain yang dapat memberikan pengalaman konkrit, motivasi belajar, serta mempertinggi daya serap atau yang kita kenal sebagai alat bantu visual. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu anak dalam memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. 
Penggunaan media dalam pembelajaran dapat mempermudah siswa dalam memahami sesuatu yang abstrak menjadi lebih konkritmaka dari itu kita harus mengatahui berbagai macam media yang digunakan dalam pembelajaran.

b.   Saran 
Kita harus bisa mengetahui tentang macam-macam media yang di gunakan dalam pembelajaran, berbicara mengenai media tentunya kita akan mempunyai cakupan yang sangat luas, oleh karena itu saat ini masalah media kita batasi kearah yang relevan dengan masalah pembelajaran saja atau yang dikenal sebagai media pembelajaran.


Daftar Pustaka

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
Sanjaya, Wina.2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Media Peranda.
Sudjana, Nana. 1989. Cara Belajar Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar