Rabu, 09 April 2014

MAKALAH PERKEMBANGAN EMOSI


Bab 1
( Pendahuluan )
A. Latar Belakang
Saya mengambil judul ini, untuk bahan saya adalah karna kita tahu bahwa kematangan dan belajar terjalin erat satu sama lain dalam mempengaruhi perkembangan emosi. Anak memperhalus ekspresi-ekspresi kemarahannya atau emosi lain ketika ia beranjak dari masa kanak-kanak kemasa remaja. 
bahwa semua emosi menurut Goleman pada dasarnya adalah dorongan untuk bertindak. Jadi berbagai macam emosi itu mendorong individu untuk memberikan respon atau bertingkah laku terhadap stimulus yang ada. Dalam the Nicomachea Ethics pembahasan Aristoteles secara filsafat tentang kebajikan, karakter dan hidup yang benar, tantangannya adalah menguasai kehidupan emosional kita dengan kecerdasan. 
Nafsu, apabila dilatih dengan baik akan memiliki kebijaksanaan; nafsu membimbing pemikiran, nilai, dan kelangsungan hidup kita. Tetapi, nafsu dapat dengan mudah menjadi tak terkendalikan, dan hal itu seringkali terjadi. Menurut Aristoteles, masalahnya bukanlah mengenai emosionalitas, melainkan mengenai keselarasan antara emosi dan cara mengekspresikan (Goleman, 2002 : xvi).

B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas bisa memunculkan beberapa pertanyaan yang penting untuk di bahas diantaranya :
1. Apakah pengertian emosi menurut beberapa tokoh ?
2. Ap saja Karakteristik perkembangan emosi ?
3. Pengertian nilai dan moral ?

C. Tujuan Penulisan
             Tujuan ini diharapkan siswa mampu :
1. Memahami pengertian emosi.
2. Mengetahui karakteristik perkembangan emosi.
3. Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan emosi.
4. Mengetahui pola emosi yang umum pada anak-anak.


Bab 11
( pembahasan )
1) Perkembangan Emosi 
Seberapa banyak dorongandorongan dan minat-minat seseorang itu terpenuhi merupakan dasar dari pengalaman emosionalnya. Seseorang yang pola kehidupannya berlangsung mulus, dimana dorongan-dorongan dan keinginankeinginan atau minatnya dapat terpenuhi atau dapat berhasil dicapai, ia (mereka) cenderung memiliki perkembangan emosi yang stabil dan dengan demikian dapat menikmati hidupnya. Tetapi sebaliknya jika dorongan dan keinginannya tidak berhasil terpenuhi, baik hal itu disebabkan kurangnya kemampuan untuk memenuhinya atau karena kondisi lingkungan yang kurang menunjang, sangat dimungkinkan perkembangan emosionalnya mengalami gangguan.

2) Pengertian emosi menurut menurut beberapa ahli 
a. Menurut Daniel Goleman, emosi adalah suatu perasaan dan pikiran yang khas, suatu keadaan biologis dan psikologis dan serangkaian kecenderungan untuk bertindak. 
b. Menurut Prawitasari, emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia. 
c. Menurut Crow and Crow, Emosi adalah pengalaman afektif yang disertai penyesuaian dari dalam diri individu tentang keadaan mental dan fisik.
 Berdasarkan dari pendapat beberapa uraian tokoh diatas, dapat disimpulkan bahwa emosi adalah suatu perasaan (afek) yang mendorong individu untuk merespon atau bertingkah laku terhadap stimulus, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar dirinya. 

3) Karakteristik perkembangan emosi
Secara tradisional masa remaja dianggap sebagai periode “badai/tekanan” suatu masa di mana emosi meninggi. Ada beberapa macam kondisi emosional yaitu seperti : 
1. Cinta / kasih sayang
Faktor penting dalam kehidupan remaja adalah kapasitasnya untuk mencintai orang lain dan kebutuhannya untuk mendapatkan cinta dari orang lain. Tampaknya tidak ada manusia, termasuk remaja, yang hidup bahagiadan sehat tanpa mendapatkan cinta dari orang lain. Para remaja yang berontak secara terang-terangan, nakal dan mempunyai sikap permusuhan besar kemungkinan disebabkan oleh kurangnya rasa cinta dan dicintai yang tidak disadari.
2. Gembira
Rasa gembira akan dialami apabila segala sesuatunya berlangsung dengan baik dan para remaja akan mengalami kegembiraan jika ia diterima sebagai sahabat, atau bila jatuh cinta dan cintanya itu mendapat sambutan (diterima)oleh yang cintai.
3. Rasa marah
Rasa marah merupakan gejala yang penting diantara emosi-emosi yang memainkan peranan yang menonjol dalam perkembangan kepribadian melalui rasa marahnya seseorang mempertajam tuntutannya sendiri dan pemilikan minat-minatnya sendiri. Sikap-sikap permusuhan mungkin berbentuk dendam, kesedihan, prasangka, atau kecenderungan untuk merasa tersiksa.
4. Ketakutan dan Kecemasan
Ketakutan muncul karena adanya kecemasan-kecemasan dan rasa tidak berani yang bersamaan dengan perkembangan remaja itu sendiri. Biasanya para remaja merasa takut hanya pada kejadian-kejadian bila mereka merasa bahaya. Satu-satunya cara untuk menghindarkan diri dari rasa takut adalah menyerah pada rasa takut, seperti terjadi bila seorang begitu takut sehingga ia tidak berani mencapai apa yang Semarang atau masa depan yang tidak menentu.
Karakteristik perkembangan remaja sejalan dengan perkembangan masa remaja itu sendiri,yaitu sebagai berikut:
a. Perubahan fisik tahap awal pada periode pra-remaja disertai sikap kepekaan terhadap rangsang-rangsang dari luar menyebabkan responnya biasanya berlebihan sehingga mereka mudah tersinggung dan cengeng,tetapi juga cepat merasa senang bahkan meledak-ledak.
b.  Perubahan fisik yang semakin tampak jelas pada periode remaja awal menyebabkan mereka cendrung menyendiri sehingga tidak jarang pula merasa terasing,kurang perhatian dari orang lain,atau bahkan merasa tidak ada orang yang mau memperdulikannya.
c. Periode remaja tengah sudah semakin menyadari pentingnya nilai-nilai yang dapat dipegang teguh sehingga jika melihat fenomena yang terjadi di masyarakat yang menunjukkan adanya kontradiksi dengan nilai-nilai moral yang mereka ketahui menyebabkan remaja sering kali secara emosional ingin membentuk nilai-nilai mereka sendiri yang mereka anggap benar,baik dan pantas untuk dikembangkan dikalangan mereka sendiri. Lebih-lebih jika orang tua atau orang dewasa disekitarnya ingin memaksakan nilai-nilainya.
d. Periode remaja akhir mulai memandang dirinya sebagai orang dewasa dan mulai menunjukkan pemikiran,sikap,perilaku yang semakin dewasa. Oleh sebab itu,orang tua dan masyarakat mulai memberikan kepercayaan yang selayaknya kepada mereka. Interaksi dengan orang tua juga semakin lebih bagus dan lancar karena mereka sudah semakin bebas penus serta emosinya pun mulai stabil.

4)   Pola Emosi Yang Umum Pada Kanak-Kanak
Beberapa bulan setelah bayi lahir, muncul berbagai macam pola emosi, antara lain yang dikemukakan oleh (Hurlock : 1999) yaitu sebagai berikut :
a. Rasa takut 
Rangsangan yang umumnya menimbullkan rasa takut pada masa bayi ialah suara yang keras, bintang, kamar yanga gelap, tempat yang tinggi, berada seorang diri, rasa sakit, orang yang tidak dikenal. Anak kecil lebih takut kepada benda-benda dibandingkan dengan bayi atau anak yang lebih tua. Usia antara 2 sampai 6 tahun merupakan masa puncak bagi rasa takut yang khas di dalam pola perkembangan yang normal. Alasannya karena anak kecil lebih mampu mengenal bahaya dibandingkan dengan bayi, tetapi kurangnya pengalaman menyebabkan mereka kurang mampu mengenal apakah suatu bahaya merupakan ancaman pribadi atau tidak. 
b. Rasa marah 
Rasa marah adalah ekspresi yang lebih sering diungkapkan pada masa kanak-kanak jika dibandingkan denagn rasa takut. Alasannya ialah karena rangsangan yang menimbulkan rasa marah lebih banyak, dan pada usia yang dini anak-anak mengetahui bahwa kemarahan merupakan cara yang efektif untuk memperoleh perhatian atau memenuhi keinginan mereka. Sebaliknya, reaksi rakut semakin berkurang karena kemudian anak-anak menyadari bahwa umumnya perasaan itu tidak perlu. Ferkuensi dan intensitas kemarahan yang dialami oleh setiap anak-anak berbeda-beda. 
c. Rasa cemburu
Rasa cemburu adalah reaksi normal terhadap kehilangan kasih sayang yang nyata atau ancaman kehilangan kasih sayang. Rasa cemburu timbul dari kemarahan yang menimbullkan sikap jengkel dan ditujukan kepada orang lain. Pola rasa cemburu seringkali berasal dari rasa takut yang dikombinasikan dengan rasa marah. 

Bab 111
( PENUTUP )
a.   kesimpulan
Emosi pada dasarnya adalah dorongan untuk bertindak. Biasanya emosi merupakan reaksi terhadap rangsangan dari luar dan dalam diri individu. Sebagai contoh emosi gembira mendorong perubahan suasana hati seseorang, sehingga secara fisiologi terlihat tertawa, emosi sedih mendorong seseorang berperilaku menangis
Emosi berkaitan dengan perubahan fisiologis dan berbagai pikiran. Jadi, emosi merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan manusia, karena emosi dapat merupakan motivator perilaku dalam arti meningkatkan, tapi juga dapat mengganggu perilaku intensional manusia.
 Disimpukan bahwa emosi adalah suatu perasaan (afek) yang di sertai penyesuaian dari dalam diri individu untuk  merespon tentang bertingkah laku ( keadaan mental dan fisik ) terhadap stimulus, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar dirinya. Jadi, emosi merupakan warna afektif yang kuat dan di tandai oleh perubahan-perubahan fisik.
b.   Saran 
  Kita harus lebih bisa menjaga rasa emosi yang ada pada diri kita, dan kita harus bisa menanamkan nilai, moral dan sikap ke diri kita sendiri dan bisa kita salurkan kepada semua orang.


Daftar Pustaka
Sumadi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Penerbit Rajawali, 1994.
Andi Mappiare, Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.
Sarlito Wirawan Sarwono, Seksualitas dan Fertilitas Remaja, Jakarta: CV. Rajawali,1957. 

1 komentar:

  1. 1xbet korean - Legalbet.co.kr
    1xbet korean · 1xbet korean · 1xbet korean · 1xbet korean · 1xbet korean · 1xbet korean · 1xbet korean 1xbet com gh · 1xbet korean · 1xbet korean · 1xbet korean · 1xbet korean

    BalasHapus